16.10.11

Rajin Minum Susu Tapi Badan Masih Kurus

Saya punya dua permasalahan seputar berat dan tinggi badan. Pertama, saya merasa kurus padahal makan saya banyak dan teratur, tidur cukup, olahraga rutin, dan minum vitamin.

Kedua, tinggi badan saya bisa dibilang pendek padahal saya rutin olahraga renang dari kecil yang katanya bisa merangsang tinggi badan. Saya juga minum susu. Apakah ada solusi untuk kedua masalah saya tersebut? Terimakasih

Reqy (Pria Lajang, 60 Tahun), rtraXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 48 Kg

Jawaban

Halo Reqy, memang BMI (body mass index) Anda menandakan bahwa Anda underweight (BMI = 17,6). Berat badan Anda yang ideal adalah 49-68 kg (18
Untuk menaikkan berat badan, Anda perlu:

1. Makan 5-6 kali sehari, setiap hari: 3 makan besar seperti sarapan, makan siang dan makan malam ditambah 2-3 kali cemilan. Usahakan untuk memberi jarak 2-3 jam antar makan untuk memberikan waktu mengolah makanan.

2. Makan makanan yang mempunyai banyak energi seperti susu full krim dan produk olahannya, daging, ikan, telur, kacang-kacangan dan alpukat. Jangan ragu untuk memasukkan protein (susu,telur, ikan dan daging) ke dalam setiap makanan Anda karena Anda memerlukannya untuk menambah berat badan dan massa otot.

Jika Anda biasa menggunakan produk susu penambah berat badan, Anda bisa mengkonsumsinya terus. Jika tidak, alternatif lain yang mungkin lebih murah adalah dengan membuat susu dari susu bubuk biasa dengan jumlah banyak sampai kental.

Teorinya Anda memerlukan tambahan 500 kalori per hari untuk menambah berat badan hingga 1 kg/minggu. Hal inilah yang menyebabkan dianjurkannya tambahan cemilan (susu/yoghurt/telur/roti/buah-buahan).

Untuk menambah tinggi badan sepertinya Anda telah melakukan apa yang Anda bisa dengan berolahraga dan minum susu (yang mengandung kalsium dan protein untuk pertumbuhan tulang dan otot).

Mungkin memang ada faktor genetik yang mempengaruhi tinggi badan Anda. Pada saat ini Anda masih bisa bertambah tinggi jadi tetap giat ya! Menurut saya yang penting adalah tubuh Anda sehat, bugar dan gagah meskipun tinggi Anda tidak sampai seperti model.

Leona Victoria Djajadi MND

0 comments:

Post a Comment