12.10.11

Kenapa Kaki Nyeri Kalau Pakai Sepatu Tanpa Hak?

Dok, setiap saya berdiri terlalu lama (apalagi saat berangkat kerja di kereta) tumit kaki saya selalu nyeri? Anehnya hanya di kaki sebelah kanan. Dan biasanya ketika mulai nyeri saya selalu urut menggunakan balsem atau minyak angin yang panas tetapi tetap tidak hilang. Nyerinya baru hilang pada saat hari keempat dan itupun tidak boleh berdiri terlalu lama.

Anehnya rasa nyeri itu suka muncul saat saya menggunakan flat shoes, jika saya pakai high heels malah tidak sakit, aneh dok? Menurut dokter saya sakit apa ya? Karena saya belum periksa ke dokter mana pun? Padahal sudah saya cobain dengan Neurobion B12, tetapi tidak kunjung hilang. Mohon bantuannya ya dok. Terimakasih.

Dewi Sri (Perempuan Lajang, 27 Tahun), dewi_sri84@yahoo.com
Tinggi Badan 166 Cm dan Berat Badan 65 Kg

Jawaban

Apabila melihat dari gejala yang dikeluhkan, nyeri yang terjadi dapat bersumber dari tendon pada bagian belakang kaki. Gangguan tendon tentu tidak harus terjadi pada kedua kaki. Beberapa faktor yang ikut memperberat kondisi ini antara lain adalah kegemukan, hipertensi, beberapa tipe artritis, trauma dan aktivitas yang berlebih pada jaringan tersebut. Dokter spesialis orthopedic dapat kiranya membantu lebih lanjut kelainan tendon yang terjadi.

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.

0 comments:

Post a Comment