23.10.11

Kenapa Jadi Alergi Obat Setelah Dibius Saat Caesar?

Dok, 3 tahun yang lalu saya melahirkan caesar. Saat operasi saya disuntik anastesi 2 kali karena saat pertama kaki masih ada rasa. Setelah operasi saya disuntik antibiotik dan ternyata alergi mata menjadi bengkak. Padahal sebelumnya saya tidak ada riwayat alergi dengan obat-obatan (sebelumnya usia 17 juga pernah operasi usus buntu dan tidak ada alergi). Sampai sekarang saya menjadi alergi obat-obatan yang biasanya ada kandungan anti nyeri (ex: asam mefenamat, antalgin, neuromeg).

Yang saya tanyakan apakah alergi saya ini terkait dengan kelebihan dosis anastesi saat saya operasi caesar dulu. Dan sebaiknya apa yang harus saya lakukan dengan alergi tersebut. Terimakasih.

Puri (Perempuan Menikah, 27 Tahun), pruXXX@gmail.com
Tinggi Badan 155 Cm dan Berat Badan 53 Kg

Jawaban

Memang ada salah satu golongan obat anestesi lokal yang digunakan saat tindakan anestesi yang dapat memicu kejadian alergi. Sebagian besar kejadian alergi ditemui beberapa menit setelah penyuntikan obat anestesi. Apabila alergi berlangsung dalam jangka waktu yang lama setelahnya, dimungkinkan karena pemberian obat lain.

Beberapa jenis antibiotik juga dapat menyebabkan reaksi alergi. Pada dasarnya, dua obat dapat memperkuat efek satu sama lain, termasuk efek samping. Tetapi dalam hal stimulasi alergi untuk jangka panjang belum ada laporan pastinya. Mungkin Ibu dapat mengunjungi dokter kulit atau alergi untuk dapat ditelusuri pemicu alergi untuk dapat dihindari.

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.

0 comments:

Post a Comment