23.9.11

Tidak Ada Asam Urat Tapi Kaki Selalu Nyeri

Dok, kaki saya bengkak, merah, panas sampai-sampai melepuh lalu luka dan sembuhnya cukup lama. Setelah sembuh yang sebelah kiri kemudian timbul lagi yang di sebelah kanan dan bahkan bisa dua-duanya sakit. Saya sudah cek asam urat saya 5,7 dan diabet normal. Sebenarnya saya sakit apa yah dok? Terimakasih.

Vina (Perempuan Lajang, 31 Tahun), raveenaXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 162 Cm dan Berat Badan 55 Kg

Jawaban

Proses bengkak (inflamasi) dapat terjadi karena proses alergi atau radang kulit (dermatitis) atau gangguan metabolism (gula). Kejadian yang berhubungan dengan alergi dan dermatitis dapat berhubungan dengan kejadian tertentu. Alergi dapat ditelusuri pencetusnya, baik itu makanan atau minuman, udara, hewan atau tumbuhan bahkan saat menyentuh sesuatu.

Sedangkan dermatitis dapat timbul gejala hanya dengan pencetus stres. Salah satu jenis dermatitis yang terjadi berulang dan terjadi saling menyertai pada anggota gerak (kaki atau tangan) kanan dan kiri, salah satunya disebabkan oleh Eczema. Dalam hal ini memang pemeriksaan laboratorium dapat normal. Dianjurkan untuk menemui dokter spesialis kulit untuk terapi lebih lanjut.

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.

0 comments:

Post a Comment