18.9.11

Sejak Jatuh dari Motor Sering Gemetaran dan Pelupa

Dok, 5 tahun lalu waktu masih duduk dibangku SMA kelas 2, saya pernah mengalami kecelakaan kendaraan bermotor, kaki kiri semuanya luka parah, tapi sekarang sudah sembuh. Tapi saya sering merasa nyeri pada kaki kiri hingga gemetaran sendiri dan kesemutan. Saya juga jadi gampang lupa, memori saya sepertinya lambat menangkap sesuatu dan mudah melupakan. Kenapa ya dok? Terimakasih.

Edo (Pria Lajang, 21 Tahun), fenansXXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Apabila keluhan pada kaki sering terjadi sejak kecelakaan, sangat dimungkinkan ada hubungan antara keluhan yang sekarang dengan kejadian trauma 5 tahun lalu. Keluhan pada kaki (sering gemataran dan kesemutan) dapat disebabkan oleh gangguan pada saraf atau peredaran darah. Tetapi apabila melihat adanya keluhan lain pada saraf pusat dimana sekarang ditemui pula gangguan memori, dapat dimungkinkan gangguan saraf.

Untuk mengetahui gangguan yang terjadi, sangat membantu apabila dilakukan penelusuran lebih lanjut seperti area mana pada kaki yang mengalami gangguan tersebut, seberapa sering, dan sebagainya.

Pemeriksaan laboratorium juga dapat membantu penelusuran penyakit terutama apabila ternyata keluhan yang terjadi berhubungan dengan gangguan peredaran darah (oksigenasi, nutrisi, dan metabolisme).

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.

0 comments:

Post a Comment