3.9.11

Telinga saya sebelah kiri terasa sakit

Dok, sudah 2 hari ini telinga saya sebelah kiri terasa sakit, nyeri di bagian dalam. Bahkan ketika menelan ludah terasa sakit pada dinding kerongkongan sebelah kiri. Saya akui 2 harisebelumnya saya membersihkan telinga saya terlalu dalam, tapi itu saya lakukan karena telinga sebelah kiri saya kurang jelas mendengar seperti ada yang menghalangi pendengaran. Pertanyaan saya,Dok : 1. Apakah rasa sakit yang timbul pada telinga saya memang diakibatkan pembersihan yang terlalu dalam? Lalu obat apa yang harus saya konsumsi agar rasa sakitnya berkurang atau hilang? 2. Apabila pendengaran saya agak kurang jelas lagi (seperti ada yang menutupi) apa yang harus saya lakukan, dok? Sekian, terima kasih sebelumnya dok.( perempuan, 17 thn,155 cm,45 Kg)


Jawab :

Ibu / saudari yang terhormat,

Nyeri pada saluran telinga sebelah kiri memang mungkin dapat disebabkan karena cara membersihkan telinga yang salah. Menggunakan cotton bud dan mengorek terlalu dalam tidak dianjurkan untuk membersihkan telinga. Pembersihan telinga yang tidak benar dapat menyebabkan perlukaan di liang telinga yang mengakibatkan nyeri pada telinga

Gangguan pendengaran dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Mungkin karena riwayat infeksi saluran pernapasan sebelumnya, infeksi pada membran timpani, obat dengan efek samping mengurangi pendengaran, serumen prop, dan sebagainya. Bila memang terasa seperti ada yang menutupi, mungkin saja memang ada kotoran telinga yang besar dan keras di telilnga anda. Kotoran tersebut disebut serumen prop dan harus dikeluarkan dengan cara menggunakan alat khusus di dokter spesialis THT.

Saya sarankan anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT karena nyeri telinga dan gangguan pendengaran ini sebaiknya segera dievaluasi agar dapat ditindaklanjuti dan diberikan terapi sesuai dengan penyebab. Dokter spesialis THT akan menggunakan alat untuk melihat ke dalam telinga anda sehingga dapat dilihat secara langsung apa yang menyebabkan nyeri dan gangguan pendengaran pada anda. Sekian, semoga membantu. (TRH)

0 comments:

Post a Comment