6.8.11

Supaya Sperma Tidak Keluar

Salam sejahtera dokter. Saya Iva, 27 tahun dan suami saya 28 tahun. Saya menikah empat bulan lalu. Rencananya setelah menikah kami ingin langsung mempunyai anak, tetapi sampai saat ini saya belum juga hamil.



Setelah berhubungan dengan suami, terkadang saya merasa bahwa ada yang keluar dari kemaluan saya, mungkinkah itu sperma suami saya? Kalau memang benar, lantas bagaimana caranya supaya sperma tersebut tidak keluar lagi?



Satu lagi dokter, biasanya jadwal menstruasi saya cukup teratur, akan tetapi untuk periode terakhir, dua minggu setelah bersih, ada lagi keluar darah selama tiga hari (hanya sedikit, hari pertama berwarna merah segar, hari ke dua dan ke tiga kecoklatan). Apakah itu berarti ada gangguan pada organ reproduksi saya? Terima kasih atas kesediaan dokter mau menjawab problem saya.



Jawaban:



Jika sehabis melakukan hubungan seksual memang sebaiknya semen dan sperma yang tidak mempunyai gerak maju dan berbentuk normal akan keluar atau mengalir. Sementara yang diizinkan masuk rahim adalah sperma yang mempunyai gerak maju dan berbentuk normal saja.



Salam




dr Nugroho Setiawan, Ms, SpAnd

0 comments:

Post a Comment