20.7.11

Ingin Hamil? Ngeseks Tiga Kali Sepekan

SALAM dokter, saya Lani. Saya menikah enam bulan lalu dan sangat menginginkan keturunan. Karena takut ada yang tidak normal dengan kandungan, sebulan lalu saya konsultasi pada dokter kandungan. Kemudian, saya diberi multivitamin (untuk konsumsi selama satu bulan) dan obat hormon provera.

Tetapi, setelah sebulan saya mengonsumsi obat-obatan tersebut, haid saya datang lebih awal dan lebih lama. Bulan ini saya haid sembilan hari, biasanya tujuh hari. Lalu, berhenti lima hari, keluar lagi sedikit selama empat hari. Apakah ini hal yang normal, dokter? Mohon penjelasan dokter. Terima kasih.

Maulani Indah sari
Bronggalan Sawah IVC/10 Surabaya

Jawab:

Perlu diketahui, untuk bisa segera hamil, yang dibutuhkan adalah sperma berkualitas dan telur (ovum) yang baik. Tak ketinggalan, saluran telur paten serta rahim yang normal.

Sperma yang paling baik adalah sperma yang tersimpan pada alat reproduksi pria selama 3-5 hari. Nyatanya, sperma dapat bertahan hidup pada organ reproduksi wanita selama 3x24 jam (3 hari), sementara ovum dapat dibuahi hanya dalam 24 jam (1 hari) dalam satu siklus haid.

Karena itu, jika ingin segera hamil lakukan hubungan seks tiga hari sekali. Andai sampai tiga siklus tidak hamil juga, segera periksakan diri Anda berdua ke klinik infertilitas di kota Anda yang umumnya ada di rumah sakit.

(Dr Nugroho Setiawan SpAnd)

0 comments:

Post a Comment