9.6.11

Sakit Lambung yang Tidak Sembuh-sembuh

Dokter, Ibu saya sering mengeluh sakit nyeri di lambung. Sudah beberapa kali ke Dokter tapi masih sering kambuh. Diagnosa Dokter karena masalah asam lambung. Obat penetralisir asam lambung apa yang harus dikonsumsi Dok? Mohon tips dan sarannya. Terimakasih.

Eko Setiono (Pria Lajang, 26 Tahun), mas.eko84@yahoo.com
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 56 Kg

Jawaban

Nyeri ulu hati pada umumnya merupakan gejala awal dari berbagai penyakit atau kelainan pada saluran cerna. Bisa berasal dari lambung sendiri, usus dua belas jari (duodenum), usus halus (ileum dan jejunum), usus besar (kolon) maupun organ penunjang seperti liver dengan saluran dan kantong empedu (galbladder), pankreas maupun limpa.

Karenanya, bila sakit berlanjut hendaknya kita harus memiikirkan berbagai kemungkinan dan tidak sekedar meyakini satu kelainan yaitu asam lambung, apalagi bila Ibu Anda sudah berusia lanjut. Sebaiknya, mintalah pemeriksaan penunjang diagnostik seperti USG, pemeriksaan endoskopik maupun foto rontgen sesuai dengan indikasi dan kemungkinan terbesar sebagai penyebab.

Bisa juga Anda meminta opini kepada dokter penyakit dalam khususnya yang mendalami penyakit saluran pencernaan. Sebagai contoh, ada banyak kasus dengan keluhan yang diduga sebagai kelainan asam lambung, akhirnya ditemukan kelainan saluran dan kantong empedu yang disebabkan radang atau infeksi (kolesistitis, kolangitis) baik dengan atau tanpa disertai adanya batu empedu (kolelitiasis).

Penyakit lain yang bisa menjadi penyebab nyeri ulu hati antara lain, radang usus buntu, radang usus besar (kolitis), gejala awal dari hernia, perlengketan usus (adhesi) terutama bila ada riwayat operasi perut sebelumnya.

Dengan konsultasi intensif dengan dokter ahli disertai pemeriksaan penunjang yang diperlukan, penyakit yang sebenarnya diderita Ibu Anda dapat ditemukan dan disembuhkan.

Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD

0 comments:

Post a Comment