25.4.11

Hemoroid - Wasir

Kepada Yth
Pengasuh mer-c
Saya Pria berusia 26 tahun berada di Bontang-Kaltim
tanggal 22 Februari 2006 saya mengalami operasi Hemoroid.
Karena saya kalau capek dan banyak duduk wasir saya kumat maka saya konsul ke dokter bahwa ini harus dibedah lalu saya ambil kesimpulan untuk dibedah.
Yang ingin saya tanyakan :
Kenapa sampai saat ini 02 Maret 2006 saya masih mengalami nyeri dan sakit.
terlebih kalau malam menjelang tidur itu anus saya seperti ada yang meremas - remas. dan ditekan
Saya diberi obat sbb: Asam Mefenamat , Venaron , Cefadroxil , Duphalac. Adakah obat yang bisa menghilangkan nyeri yang luar biasa ini sehingga tidak mengganggu aktifitas saya(karena saya tanggal 6 udah mulai masuk
kantor) . Biasanya berapa lama proses penyembuhan ini dan nyerinya benar-benar hilang serta bisa duduk normal lagi..!
Itu dari saya mohon bantuan sarannya atas dimuat or dibalasnya e-mail saya ini saya ucapkan terima kasih

-riza-

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaannya.

Saudara Rizal yang terhormat, proses penyembuhan luka memerlukan waktu yang lebih lama dari yang Anda harapkan, lebih dari satu minggu, namun bervariasi pada setiap orang. Umumnya, berkisar antara satu sampai tiga bulan. Sementara itu, perlu dilakukan perawatan luka dan pengaturan diet, serta mengatasi nyeri dengan obat anti nyeri. Dokter Anda sudah memberikan obat anti nyeri yang cukup baik (asam mefenamat). Namun bila masih dirasa kurang, Anda bisa meminta dokter Anda untuk memberikan obat anti nyeri yang lebih kuat. Dalam mengatasi nyeri, Anda juga bisa duduk berendam dalam air hangat 2-3 kali sehari, setelah membasuh anus dengan bersih (terutama jika dilakukan setelah buang air besar). Terapi ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri.

Jika Anda bekerja dalam keadaan duduk, mungkin lebih baik menggunakan bantalan kursi yang dibuat khusus, berbentuk seperti donat (memiliki lubang ditengahnya) agar dapat mengurangi tekanan pada daerah anus. Dengan ini, rasa nyeri juga dapat dikurangi dan Anda dapat bekerja dalam posisi duduk untuk jangka waktu yang lebih panjang. Namun, Anda tetap dianjurkan untuk berdiri/berjalan-jalan sesekali waktu untuk mengistirahatkan daerah bokong dari tekanan saat duduk.

Selain itu, jangan lupakan masalah pengaturan makanan. Usahakan mengkonsumsi lebih banyak serat dan minum lebih banyak sehingga saat buang air tidak sulit ataupun keras. Walaupun angka kekambuhan wasir pasca operasi kecil, namun bukan tidak mungkin akan berulang (dalam 5 tahun pasca operasi) jika Anda tidak memperhatikan masalah diet serta kebiasaan lainnya.

Semoga informasi ini dapat membantu.

(Dr. Ina Ariani Kirana Masna)

1 comments: