9.4.11

Gigi bernanah

Siang dok, Saya gadis berusia 21th, tapi gigi saya semua sudah rusak, saya mempunyai 4 gigi yang berlubang, tapi saya tidak pernah sakit gigi, hanya gigi saya yang berlubang 2 di atas sering sekali keluar nanah, kadang2 berdarah, kadang saya merasa takut untuk cabut gigi karena gigi yang berlubang 2 diatas itu kalau dicabut akan menyebabkan ke syaraf mata, apakah itu benar dok? yang ingin saya tanyakan : 1. Apa pengaruh kalau di usia saya gigi rusak ke masa tua, dan apakah ada cara untuk memperbaiki gigi saya selain di cabut? 2, Terus obat apa yang bisa menghilangkan nanah pada gigi yang berlubang, karena nanah itu kini saya kurang pede untuk banyak bicara. sekian, terima kasih.

- Nita� -


Jawaban
:

Siang juga Nita! Wah gawat ya giginya sering berdarah dan bernanah tapi didiamkan saja! Lama-lama jika hal ini dibiarkan maka akan timbul rasa sakit dan terjadi Pembengkakan pada pipi Nita. Dalam kondisi seperti ini gigi Nita sudah mengalami ganggren atau sudah mati syarafnya. Saya tidak tahu kondisi gigi Nita sebenarnya. Seandainya gigi tersebut masih bisa dipertahankan maka harus dilakukan perawatan saluran syaraf terlebih dahulu. Dan ini memerlukan beberapa kali kunjungan ke dokter gigi untuk membersihkan ruangan syaraf tersebut. Tetapi jika kondisinya sudah keropos maka harus dicabut.� Pencabutan pada rahang atas tidak membawa dampak apa-apa. Karna syaraf gigi dan syaraf mata berbeda! Utk sementara ini Nita bisa minum obat antibiotic dan tetap harus pergi ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang semestinya. Jika di usia muda sudah mengalami kerusakan gigi, tentu akan berpengaruh pada masa tua. Jika gigi kita sudah rusak tentu menjadi tidak nyaman ketika kita mengkonsumsi makanan. Sebaiknya setiap 6 bulan/1 tahun sekali Nita perlu melakukan pemeriksaan gigi meskipun tidak ada keluhan pada gigi Nita.Demikian saran ini saya berikan, semoga Nita dapat memahaminya.

TerimaKasih

- Drg. Elisabeth L. Sarri -

0 comments:

Post a Comment