10.4.11

Ada putih-putih di Gigi

Selamat Pagi Dok. Saya Halim 1 minggu yang lalu ( 24 Feb 09 ) saya pergi ke dokter, cabut gigi bagian atas 3 hari kemudian...saya cek gusi saya masih berlubang..ada putih putih...apakah ini namanya akar gigii..? karena waktu cabut gigi..dokter rada kesulitan untuk mencabutnya karena mahkota gigi saya sudah rapuh. Pertanya an saya : * bahaya kah kalau cabut gigi..tidak sampai akar akar nya...? apakah saya harus ke dokter lagi...? * Saya sering sakit gigi, tapi bukan di gigi tapi di gusi ( yang sudah tidak ada giginya ) Apakah itu pengaruh dari panas dalam....? dan bagaimana mengatasinya

- Halim -

Jawaban:

Dear Halim,
Ketika gigi di cabut tentu saja gusinya masih berlubang. lubang tersebut akan menutup dengan seiring pembentukan tulang beberapa bulan lagi. Saya kurang jelas dengan yang dimaksud dgn "ada putih-putih". kemungkinan itu adalah kasa steril (+ ada obatnya juga) yang dimasukkan kedalam soket gigi ( bekas lubang
pencabutan gg) untuk mengurangi perdarahan. Tetapi jika anda kurang yakin anda dapat kontrol kembali ke dokter gigi. Panas dalam sebenarnya tidak dikenal dalam dunia medis. Anda tidak menjelaskan KENAPA gigi anda dicabut? apakah karna gigi berlubang yang parah sehingga tidak dapat ditambal lagi? atau karna pada gusi terjadi peradangan atau gigi tersebut goyang?
Sebaiknya anda sering kontrol ke dr gigi, 6 bln sampai 1 thn sekali untuk mengecek kondisi gigi dan mulut anda. Dengan kondisi rongga mulut yang sehat anda akan mengeluarkan biaya yang jauh lebih murah ketimbang harus bolak balik melakukan perawatan gigi yang sudah parah. Belum lagi gigi anda yang dicabut itu juga tidak menyelesaikan masalah karna masalah baru akan timbul lagi karna dalam lengkung rahang anda ada ruang kosong. ruang kosong tersebut akan menyebabkan gigi tetangganya bergeser.Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat bagi anda.

Wassalam

- Drg. El Sarri -

0 comments:

Post a Comment