14.4.11

Esherichia Coli dan Penyakit yang Disebabkannya

dr. Yth.

saya menemukan berkas pemeriksaan laboratorium dari istri saya, tertulis di formulir paling bawah, lain-lain : hasil biakan : Esherichia coli
pertanyaan saya,
jenis bakteri apa yg diperiksa?
apa penyakit yg diderita oleh istri saya ?
kenapa dokter tsb menganjurkan untuk diperiksa "E. Coli" ?? apa yg didiagnosa??

trims atas jawababn dokter

wira

Jawaban:

Bapak Wira di Jakarta,
Dari keterangan yang Bapak kemukakan sepertinya hasil laboratorium berupa biakan E.Coli di dapat dari pemeriksaan feses atau tinja. E.Coli merupakan kuman yang lazim ditemukan di saluran cerna, biasanya sering menyebabkan mencret atau diare atau maag kronis. Bila hasil pemeriksaan tadi dari biakan feses berarti istri Bapak menderita gastroenteritis (diare) atau mungkin dyspepsia kemo.

Anjuran dokter untuk melakukan pemeriksaan laboratorium sebenarnya agar dapat memastikan penyebab pasti penyakit yang diderita istri Bapak sehingga pemberian terapi pengobatan akan lebih tepat.

Tapi untuk lebih pasti sebaiknya Bapak juga menanyakan langsung kepada istri apa yang dirasakan atau dideritanya saat ini. Soalnya kuman E.Coli ini sangat umum terdapat di saluran cerna. Bisa jadi hasil biakan yang didapat tidak berkolerasi dengan tingkat penyakit yang dideritanya.

Demikian jawaban saya. Semoga jawaban yang saya berikan dapat menjawab pertanyaan Saudara. Jika kurang jelas atau masih ada pertanyaan lain dapat menghubungi kami kembali.


(dr. Iman Hilmansyah)

0 comments:

Post a Comment