13.4.11

Bertunangan dengan Anak Paman

Dear Dokter,

Kalau pertanyaan saya ini salah alamat mohon dimaafkan. Nama saya Donni, saya sekarang bertunangan dengan anak dari kakak laki2 ibu saya (Paman).
Yang saya tanyakan, apakah ada pengaruh untuk keturunan saya nantinya melihat posisi saya dan calon istri saya adalah masih sepupu. Kalaupun ada pengaruh terhadap keturunan saya, bagaimana cara menanggulanginya?

Terima Kasih Dok

Doni

Jawaban:


Hal yang dikhawatirkan dalam perkawinan dengan kerabat dekat adalah kemungkinan munculnya penyakit keturunan yang lebih besar. Pada perkawinan dengan orang yang bukan kerabat dekat kemungkinan tersebut lebih kecil.

Penyakit keturunan ada yang dibawa oleh gen yang bersifat dominant dan ada pula yang dibawa oleh gen yang bersifat resesif. Gen yang bersifat dominant akan menyebabkan munculnya penyakit pada keturunannya walaupun hanya ayahnya saja atau ibunya saja yang mengandung gen tersebut. Akan tetapi penyakit keturunan yang dibawa oleh gen resesif akan muncul pada keturunan hanya bila kedua orang tuanya membawa gen tersebut.

Apabila hanya salah satu saja (ayahnya saja atau ibunya saja) yang membawa/mempunyai gen tersebut, maka penyakit keturunan tersebut tidak akan muncul pada anak-anaknya. Sayangnya, penyakit keturunan tersebut saat ini belum dapat dideteksi secara dini saat janin masih berada dalam kandungan. Saran saya apabila Anda ingin tetap menikah dengan sepupu Anda tersebut, banyak berdoa mudah-mudahan Anda dikarunai keturunan yang sehat jasmani maupun rohaninya, karena semuanya tetap Allah yang menentukan.

Demikian jawaban saya. Semoga jawaban yang saya berikan dapat menjawab pertanyaan Saudara. Jika kurang jelas atau masih ada pertanyaan lain dapat menghubungi kami kembali.

(dr. Tri Handayani )

0 comments:

Post a Comment