31.3.11

Tidak KB, haid normal, kali ini hanya flek

Dok, saya Nelly, usia 30 tahun sudah punya 1 anak usia 4 th. Setelah melahirkan saya menggunakan KB IUD. Bulan Agustus 2007 saya lepas karena masalah nyeri menjelang haid. Setelah lepas KB, haid normal dan tidak nyeri sampai sekarang. Semenjak itu saya menggunakan KB kalender dan haid masih normal. Bulan ini haid saya hanya keluar flek coklat selama 5 hari. Yang ingin saya tanyakan apakah tanda flek itu tandanya saya hamil (saya belum sempat tes)?

Trims ya dok....

-Nelly-

Jawaban:

Ibu Nelly yang baik,

Sayang sekali Ibu tidak menjelaskan berapa lama haid anda biasanya dan seberapa banyak haid yang anda dapatkan. Sementara ini saya hanya dapat menjelaskan bahwa jika hasil pembuahan tertanam pada dinding rahim, kadang juga dapat menimbulkan flek yang kadang-kadang disangka haid. Oleh karena itu, ada baiknya Ibu melakukan tes sederhana saja dengan alat uji kehamilan yang banyak dijual di apotik. Jika memang hasilnya (+), segera memeriksakan kehamilan ibu ke dokter atau bidan terdekat.

Demikian jawaban dari saya, semoga anda memahaminya.

Wassalam,

dr. Ira Riza

0 comments:

Post a Comment