17.6.09

Ask The Doctor: Blog Kesehatan dan Nutrisi

Satu lagi blog kesehatan yang patut menjadi referensi kesehatan bagi masyarakat:
http://healthy-nutrition-facts.blogspot.com/

Blog yang dimiliki oleh dokter Amerika -Davon Jacobson- ini, memang masih baru. Tetapi beliau secara reguler memposting tulisan-tulisan yang bermutu seputar kesehatan dan nutrisi, dengan bahasa yang mudah dipahami awam. Sewaktu tulisan ini dibuat, posting terakhir di blog tersebut berjudul: "Natural Techniques for Fighting the Common Cold at Home", 16 Juni 2009, bercerita tentang cara-cara penanggulangan terhadap penyakit "flu" yang umum terjadi di masyarakat (khususnya anak-anak) dengan tehnik-tehnik yang mudah dilakukan di rumah, seperti banyak minum, cukup istirahat, diet seimbang, dan bila perlu minum obat simptomatik untuk menanggulangi gejala flu yang mengganggu. Penting perlu untuk dicatat, bahwa dr. Jacobson, tidak menyarankan meminum antibiotik sebagaimana itu yang selalu disarankan oleh dokter-dokter di negeari maju, agar tidak terjadi penggunaan yang salah dari antibiotik.

"If symptoms don't start clearing up in a few days....., you should call your doctor," begitu saran beliau.

Hal ini perlu diingat oleh masyarakat awam di Indonesia, yang sering secara berlebihan menggunakan antibiotika di tahap awal penyakit "flu" yang kerap disebabkan oleh virus (karenanya tidak perlu diberikan Antibiotik yang merupakan obat anti bakteri). Resistensi tinggi terhadap antibiotik garda depan sering terjadi karena kesalahan persepsi terhadap antibiotik yang ada di benak awam. Belum lagi, tatkala dahulu, beberapa jenis antibiotik sangat mudah didapatkan -bahkan di warugn-warung- tanpa resep dokter.

Perkenalan saya terhadap blog dr D. Jacobson ini sendiri, berawal dari komen yang beliau tinggalkan di blog ini pada thread: http://infoseputardokter.blogspot.com/2009/05/beasiswa-master-public-health-di-uk.html#comments
Saya tidak tahu, apakah itu berarti dr Jacobson ini mengerti bahasa Indonesia, atau beliau pernah bermukim di Indonesia.

Dari hasil googling saya terhadap sosok beliau, tidak banyak yang bisa saya temukan, kecuali beliau cukup banyak meninggalkan trace di internet dengan cara memposting artikel blognya di beberapa situs direktori kesehatan. Dr. Jacobson juga bisa ditemui di Twitter di alamat ini:
http://twitter.com/healthnutfact

Atau sebagaimana yang ditulis di blognya : Ask the Doctor: Medical Health Articles; pertanyaan dan komen dapat dikirimkan melalui alamat emailnya di: davonjacobson_md@mail.com

Semoga dr Davon Jacobson dapat ikut share kelak di blog ini, tentunya yang menyangkut perkembangan kedokteran nutrisi di Amerika untuk menjadi pembelajaran bagi dokter-dokter Indonesia juga.

1 comments:

  1. Terima kasih Muantappp banget infonya... semoga makin sukses.

    ReplyDelete