27.2.09

Pengumuman IDI tentang pelatihan USG RSPAD Gatot Subroto

Berikut adalah pengumuman dari website IDI mengenai pelatihan USG yang dilaksanakan baru-baru ini di RSPAD Gatot Subroto:

Pelatihan USG, Tanpa Akreditasi IDI
Sehubungan dengan adanya kegiatan yang diselenggarakan oleh Divisi Fetomaternal RSPAD Gatot Subroto pada tanggal 11 - 14 Februari 2009, dimana sebelum pelaksanaan acara tersebut telah dilaksanakan pertemuan (5 Februari 2009) antara PB IDI - dalam hal ini diwakili oleh Prof. Dr. I. Oetama Marsis, Sp.OG(K) selaku Ketua BP2KB IDI, Panitia Pelaksana Pelatihan USG tersebut - diwakili Dr. Sanny Santana, Sp.OG, Ketua IDI Wilayah DKI Jakarta - Dr. Ahmad Budiarto, MM , Ketua BP2KB IDI Wilayah DKI Jakarta dan Pengurus POGI Jaya.

Dari hasil pertemuan tersebut, telah disepakati beberapa hal, antara lain :

1. Kegiatan tersebut tidaklah memenuhi pra-syarat dan prosedur yang telah ditetapkan oleh PB IDI tentang tata cara penyelenggaraan suatu kegiatan ilmiah yang diselenggarakan oleh lembaga Non-IDI, sebagaimana yang tertera dalam Buku Pedoman P2KB IDI tahun 2007. (Sesuai amanah UUPK No. 29/2004, Pasal 28 ayat 1).
2. Kegiatan tersebut telah dipublikasikan antara lain dalam bentuk Brosur, dimana dalam brosur tersebut dinyatakan bahwa kegiatan ini telah mendapat akreditasi IDI. Padahal IDI (PB IDI maupun IDI Wilayah DKI Jakarta) belum dan tidak memberikan akreditasi terhadap kegiatan tersebut. Hal tersebut merupakan "kebohongan" terhadap publik/masyarakat kedokteran di Indonesia.
3. Bilamana kegiatan tersebut akan dipaksakan untuk dilaksanakan tanpa persetujuan dari IDI, sebaiknya sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan diberitahukan kepada para Peserta, Pembicara dan Pihak lain yang terkait bahwa kegiatan tersebut tidak diakreditasi oleh IDI dan tidak memperoleh SKP IDI.
4. Untuk Panitia Pelaksana, dianjurkan agar segera mengajukan Permohonan Akreditasi Lembaga sebelum kegiatan-kegiatan selanjutnya dilaksanakan.

Demikian informasi ini disampaikan. Semoga bermanfaat bagi Sejawat sekalian. Terima kasih.

Redaksi Idionline/YR

(source: www.idionline.org)

0 comments:

Post a Comment