9.7.12

tips perawatan kulit wajah secara alami

tips perawatan kulit wajah secara alami

tips perawatan kulit wajah secara alami. Air adalah salah satu elemen yang mampu membantu memperbaiki kondisi kulit kita. Oleh karena itu, jika ingin memiliki tubuh yang sehat dengan kondisi kulit yang senantiasa tampak segar, minumlah air minimal 2,5 liter per hari. Dengan minum air yang cukup, bukan hanya memperlancar metabolisme tubuh, namun juga menjadikan kulit lebih segar dan lembab.

Di dalam tubuh manusia terkandung 70% air. Oleh karena itu, selain mengkonsumsi air putih 2,5 liter per hari. Makanlah buah-buahan atau sayur-sayuran yang bervitamin karena kandungan air dan seratnya yang sangat tinggi akan membantu melancarkan pencernaan dan mempercepat sistem pembuangan. Beberapa jenis kulit yaitu :

1. Kulit berminyak
Kulit berminyak
Ciri-Ciri kulit berminyak yaitu keluarnya minyak terus-menerus pada wajah di sekitar dahi, hidung, dagu (istilah daerah “T” dan pipi di bagian bawah tulang pipi. Pada umumnya, kulit wajah jenis ini mudah ditumbuhi jerawat.

Untuk tipe ini, maka perawatan wajah kita dengan buah mentimun dapat membantu mengatasinya. Buah ini berkhasiat menghaluskan dan melemaskan kulit, membantu meringankan pori-pori, serta mengeluarkan kotoran dari kulit. Dengan demikian timbulnya jerawat pun dapat dicegah. Selain mentimun, buah tomat juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan minyak pada kulit berminyak, sehingga wajah selalu segar dan alami.

2. Kulit Kering
Kulit Kering
Biasanya kulit terlihat kusam atau tidak mengilap, kadang terasa menegang (tertarik), bersisik, dan terasa gatal. Keadaan pori-pori kulit sering tampak layu dan kasar, serta keriput, sehingga terlihat lebih tua dari umur sebenarnya.

Perawatan wajah yang de gunakan untuk dikonsumsi bagi kulit wajah jenis ini adalah wortel. Vitamin A dalam wortel diperlukan untuk pemeliharaan jaringan epitel (Jaringan yang ada dipermukaan kulit). Pada wortel juga terdapat karoten yang berfungsi menjaga kelembaban kulit, memperlambat timbulnya kerutan pada wajah, dan membuat wajah tampak selalu berseri.

Selain itu, buah nanas juga dapat menjadi alternatif Anda. Sebab, buah ini mengandung zat yang berfungsi meringkaskan pori-pori sehingga kulit tampak halus.

3. Kulit Normal
Kulit Normal

Di antara dua jenis kulit tadi, yang paling ideal adalah jenis kulit normal. Kulit jenis ini tidak berminyak dan juga tidak kering. Selain itu, teksturnya halus dan jika disentuh terasa lembut. Untuk kulit wajah jenis ini, perawatan wajah dengan buah alpukat dapat menjadi pilihan Anda. Masker alpukat dapat membantu merawat jenis kulit wajah normal. Sebab, kadar lemaknya yang tinggi dapat melembapkan kulit dan melindungi kulit dari pengaruh sinar matahari.

tips perawatan kulit wajah secara alami

Untuk kulit kering:
  • Berilah kesenangan setiap saat.
  • Ubah jenis produk perawatan kulit sesuai musim, iklim, dan gaya hidup Anda: lingkungan ber-AC, kehidupan di alam terbuka
  • Mulailah menggunakan produk perawatan anti-ageing, segera setelah pertanda penuaan muncul. Hal ini kerap terjadi lebih cepat untuk jenis kulit Anda (utamanya di area sekitar mata)
  • Hindari mandi dengan air panas, ada baiknya memakai bath oil
  • Untuk kulit sensitif:
  • Hangatkan dulu produk perawatan di genggaman tangan sebelum Anda memakainya. Lakukan perawatan kulit tanpa menggosok
  • Sebaiknya gunakan jari jemari daripada katun wol, kain atau tisu.
  • Gunakan penyemprot air, jangan membasuh melalui keran air.

Untuk kulit separuh baya:
  • Pilihlah produk perawatan kulit anti-ageing tergantung pada kondisi kulit, kebutuhan dan musim.
  • Leher, mata, dan tangan Anda bisa mengurangi keindahan penampilan, jadi imbali mereka dengan perhatian yang sangat spesial.
  • Di setiap pagi yang menyulitkan, janganlah ragu buat menggunakan produk kecantikan yang sesuai, yang bisa melembutkan permukaan kulit.
  • Sering terkena sinar matahari langsung, bisa menyebabkan keriput dan noda di kulit.

Untuk kulit berminyak
  • Lindungi dirimu dari sinar matahari langsung, dan penimbunan lemak di kulit wajah
  • jangan mengeluarkan jerawat dan beruntusan di wajah secara swalayan
  • Lakukan perawatan peeling pada wajah sekali hingga tiga kali seminggu.
Beberapa pakar kecantikan malah memberikan beberapa rumus makanan sehat agar tetap cantik dan bugar, yaitu hanya sayur dan buah yang diizinkan untuk disantap bersama, seperti karbohidrat dengan sayur/buah, protein dengan sayur/buah, serta lemak dengan sayur/buah. Para ahli kecantikan juga melarang keras karbohidrat, protein, dan lemak untuk disantap secara bersamaan.

selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment