13.8.11

JANTUNG BENGKAK DAN HIPERTENSI

Siang Dok, Adik saya umur 20 thn, sekarang posisi sudah bekerja. kemarin periksa tensi 150, udah dberi obat penurun tensi dan obat lainnya, akibatnya kepala pusing banget dan dada sesak, detak jantung juga kencang bgt, bisa sampai 100/mnt, kadang lebih, karena ukuran jantung dia tidak normal ( bengkak ), apa itu sebabnya dia jadi sesak napas? apa harus cek up ke Dokter spesialis jantung juga atau itu akibat dari hipertensinya dia?Kira-kira apa yg harus kami lakukan?Terima kasih atas saran dari Dokter.



Jawab :



Kemanakah anda berobat dan diberikan obat penurun tekanan darah apa? Berapakah tekanan darah anda? (yang anda sebutkan hanyalah tekanan darah sistolik saja, berapakah tekanan darah diastolik anda?)

Apakah keluhan tsb (kepala pusing, dada sesak dsbnya) timbul diakibatkan konsumsi dari obat tsb? Dan darimanakah anda mengetahui ukuran jantung tidak normal/bengkak tsb?

Biasanya obat penurun tekanan darah tidak menyebabkan keluhan2 seperti itu, tetapi saya tidak tahu dengan pasti obat2 apa yang diberikan oleh dokter anda, sebaiknya anda kembali lagi ke dokter tsb mengenai keluhan ini sehingga bisa diganti dengan obat lain.

Mengenai sesak nafas, pada saat apakah sesak itu timbul? Hal ini dapat disebabkan karena kelainan pada paru2 atau jantung, dan harus dilakukan pemeriksaan fisik mengenai hal ini. Biasanya bila sudah lama menderita hipertensi memang dapat menyebabkan pembesaran dari jantung karena merupakan reaksi tubuh dalam mengkompensasi tekanan darah yang tinggi/meningkat. Darimanakah anda mengetahui adanya pembesaran jantung? Apabila ukuran jantung tidak normal diketahui dari hasil pemeriksaan (misalnya : foto rontgen dada), saran saya lebih baik berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis jantung dengan membawa hasil tsb. sehingga dapat dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan penanganan yang tepat.



dr. Susy

0 comments:

Post a Comment