8.7.11

Olahraga Bagi Penderita Gangguan Ginjal

Tanya :
Menurut dokter, saya mengalami gangguan ginjal. Gejala-gejala seperti timbul keringat dingin, dada berdebar cepat, badan lemas dan kaki (terutama daerah mata kaki, tangan, terkadang juga punggung) menjadi bengkak biasanya timbul ketika saya merasa lelah.

Sementara itu, saya ingin sekali menurunkan berat badan (65kg/163cm). Dengan kondisi seperti ini, olahraga apa yang cocok? Saya ingin mengecilkan lengan bagian atas. Bagaimana caranya?

wirnaxxx@yahoo.com

Jawab:

Sebelum melakukan latihan olahraga, Anda sebaiknya bertanya dulu pada dokter yang memeriksa Anda. Jika memang boleh, maka Anda harus banyak minum air putih ketika berolahraga. Olahraga yang saya anjurkan adalah jalan kaki. Berlatihlah 4-5 kali per minggu, dengan lama latihan 30-45 menit.

Selain olahraga teratur, Anda juga harus mengatur pola makan Anda. Kurangi makanan yang banyak mengandung lemak, misalnya makanan yang digoreng, jeroan, otak, dan lain-lain. Perbanyaklah makan buah dan sayur.

Jika Anda sudah berolahraga secara teratur, maka dengan sendirinya lemak di seluruh tubuh akan berkurang. Setelah itu, barulah Anda dapat mengencangkan otot-otot dengan latihan beban.

Angkatlah beban (2 kg) ke atas kepala, lalu bengkokkan siku hingga beban mengarah ke punggung secara perlahan. Lengan atas jangan bergerak. Lakukan 12 kali, kemudian istirahat 60 detik, lalu ulangi lagi 10 kali, istirahat, dan ulangi 8 kali. Setelah itu, lakukan latihan dengan pengulangan yang sama pada tangan kiri. Dengan demikian, lengan atas Anda akan lebih kencang.

0 comments:

Post a Comment