10.6.11

Kenapa Kulit Leher dan Paha Hitam Usai Bersalin?

Dok, saya baru melahirkan 1 bulan yang lalu. Waktu hamil kulit leher dan pahaku berubah jadi hitam, sekarang sudah melahirkan tetep masih ada. Apakah warna gelap itu akan hilang? Adakah cara untuk menghilangkannya karena kelihatannya jijik apalagi aku kerja mesti pakai rok, dan warna gelap itu sampai lutut sangat mengganggu penampilan? Mohon sarannya dok. Terimakasih.

Indri (Perempuan Menikah, 29 Tahun), indrikosmilasari@yahoo.co.id
Tinggi Badan 155 Cm dan Berat Badan 60 Kg

Jawaban

Saat seorang ibu dalam masa kehamilan, akan terjadi peningkatan MSH (melanocyte stimulating hormone), yaitu hormon yang menstimulasi pembentukan melanin, pigmen pemberi warna gelap pada kulit dan rambut. Akibatnya terjadi penumpukan pigmen, yang terlihat sebagai flek hitam. Area yang biasanya menjadi lebih gelap adalah wajah (sehingga sering disebut mask of pregnancy), leher, area puting payudara, garis tengah di perut, serta lipatan lain misalnya ketiak dan selangkangan.

Warna gelap pada area ini umumnya bersifat sementara. Kelainan ini akan menghilang secara perlahan dengan sendirinya dalam hitungan bulan, biasanya 3-6 bulan. Namun pada beberapa orang bisa lebih lambat menghilang.

Untuk mempercepat menghilangkannya, dapat digunakan krim yang bersifat memutihkan, misalnya yang mengandung hidrokuinon, asam kojic, arbutin, dan lain-lain. Namun bila Anda menyusui, biasanya saya anjurkan untuk menunda penggunaan krim-krim pemutih ini untuk sementara waktu.

dr. Susie Rendra, SpKK

0 comments:

Post a Comment