7.5.11

Gigi Berlubang

nama saya Yusuf 26th.asal kroya-cilacap.
saya punya satu gigi berlubang. agak besar juag lubangnya. saya pada rencana untuk mencabutnya. sakit gigi yang parah sih belum pernah. hanya terasa linu-linu aja trkadang. baru jika kemasukan makanan secara kasar maka akan terasa ngilu dan pegel banget. gimana sebaiknya dok?

maaf dok, kalau ada kenalan orang cilacap, saya minta alamat emailnya ya!! Trims

-yusuf-

Jawaban:

Pak Yusuf,

Menurut Saya sebaiknya gigi yang berlubang itu ditambal saja. Mencabut gigi itu merupakan pilihan terakhir ketika gigi sudah tidak dapat dipertahankan lagi. Bila Bapak tetap menginginkan gigi dicabut, Bapak sebaiknya memasang gigi palsu.

Hal ini dimaksudkan agar gigi yang tersisa tidak bergeser sehingga gigi menjadi renggang. Bila bergeser maka fungsi gigi akan terganggu terutama untuk mengunyah karena pertautan antara gigi pada rahang atas dan rahang bawah menjadi tidak pas.

Untuk pertanyaan yang tidak ada kaitannya dengan konsultasi kesehatan, mohon maaf kami tidak dapat menjawab dalam rubrik ini.

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat. Terima kasih atas pertanyaannya.

Salam,


(Dr. Edi Patmini SS)

0 comments:

Post a Comment