5.5.11

Ambien

Saya mengalami penyakit ambien (hemmorhoid) ,awalnya hanya benjolan kecil pada anus, kemudian mengeluarkan darah pada saat BAB tanpa disertai rasa sakit. Saat itu saya hanya menggunakan obat yang dimasukan dari anus namanya Faktu, sedikit menolong, tetapi sekarang benjolan semakin besar dan sering terjepit sehabis BAB. Apa penyebabnya, apakah kegemukan salah satu penyebabnya TB/BB 170cm/ 80kg.
Bagaimana cara pengobatan dan dokter spesialis apa yang seharusya saya datangi.
apakah opersai dapat menyembukan total dan selain operasi cara apa lagi yang dapat dilakukan.

Terima kasih atas jawabannya.

-erwin-

Jawaban:

Hallo Mas Erwin, benjolan di anus bisa banyak macamnya, tapi melihat dari cerita mas Erwin, memang benjolan yang semakin besar di anus Mas itu adalah Hemoroid ( haemo=darah, rheo = mengalir ). Hemoroid berasal dari pelebaran pembuluh darah Vena Pleksus hemoroidalis dan ini bukan suatu keadaan patologis (penyakit), letak pleksus ini ada di didalam rektum .

Hampir semua orang memiliki hemoroid dan tidak menimbulkan keluhan dan penyulit. Dan bila sudah timbul suatu keluhan baru dilakukan tindakan.

Keluhan yang timbul biasanya timbul darah segar dari anus menetes dan tidak bercampur dengan feses, timbul benjolan yang pertama kali bisa dimasukkan kembali ke anus sampai dengan tidak dapat dimasukkan kembali, benjolan semakin membesar, kadangkala keluar lendir atau mukus. Bisa juga timbul rasa gatal (pruritus anal) dan bila terjadi penjepitan, pembengkakan (udema) akan menimbulkan nyeri yang hebat, juga kadangkala akan timbul anemia sekunder.

Faktor yang mendukung hemoroid menjadi besar dan menimbulkan keluhan ialah mengedan waktu BAB, konstipasi menahun (susah BAB), kehamilan dan obesitas (kegemukan).

Hemoroid terbagi menjadi hemoroid interna dan eksterna pembagian ini dibatasi oleh anus, bila berasal dari dalam anus dinamakan hemoroid interna begitu juga sebaliknya.
Hemoroid interna terbagi menjadi 4 derajat, derajat 1-2 ditandai dengan darah, dan benjolan keluar anus waktu BAB dan dapat masuk kembali. Derajat 3 benjolan dapat dimasukkan dengan dibantu. Derajat 4 benjolan tidak dapat dimasukkan.

Terapi hemoroid
Makanan sebaiknya terdiri dari makanan berserat tinggi, hal ini untuk melunakkan feses shg mempermudah defekasi dan mengurangi mengedan.
Hemoroid intern dengan prolaps (benjolan tidak dapat masuk) istirahat baring, kompres lokal rendam dengan cairan hangat dan dimasukkan perlahan-lahan, dapat juga diberi salep anus dan suppositoria tetapi ini sebagai analgetik saja, bukan sebagai pengecil benjolan.

Terapi tindakan
Yaitu dengan skleroterapi, menyuntikkan larutan kimia ke jaringan submukosa dibawah hemoroid supaya terjadi jaringan parut, berguna untuk gr 1-2 Ligasi dengan benang karet, biasanya untuk hemoroid yang besar dan prolaps.

Bedah beku
Hemoroidektomi, pada hemoroid gr 3-4


Untuk terapi hemoroid mas Erwin bisa ke dokter bedah digestive atau dokter internist gastroenterologist.

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat. Terima kasih atas pertanyaannya. Bila masih ada pertanyaan,� jangan enggan untuk bertanya kembali.

Salam,

(Dr. Cahyo Adi Nugroho)

0 comments:

Post a Comment