25.4.11

Hypertiroid apakah bisa disembuhkan?

Dengan hormat,


Saya ingin menanyakan apakah gangguan hypertiroid bisa
sembuhkan? saya ter-identifikasi mengalami hypertiroid kurang lebih empat
tahun yang lalu. Dan sejak itu saya menkonsumsi PTU. Sejak pertama kali saya
mengkonsumsi 3 x 2 tablet sehari. Kemudian dosisnya saya turunkan menjadi 2
tablet sehari.

Dengan menkonsumsi PTU dalam waktu yang panjang apakah akan ada
efek samping yang akan ditimbulkan misalnya gangguan ginjal ?
Baru-baru ini saya mengalami alergi terhadap udara dingin, dan sempat konsultasi ke dokter
kulit dan dari hasil pemeriksaan urine didapat ada nya protein ++ didalam urine,
apakah ini meng-indikasikan adanya gangguan ginjal?
Apakah alergi gatal ini juga kemungkinan disebabkan karena adanya gangguan hypertiroid.

Terima kasih atas jawaban dan sarannya.

Hormat saya,
- Ishar -

Jawaban

Insya allah bisa disembuhkan.
Tergantung dari Tingkat keparahannya, penatalaksanaan hipertiroid dibagi menjadi:
1. Obat-obatan, seperti yang anda lalukan sekarang.
2. Pembedahan
3. Radioaktif

Efek samping yang sering ditimbulkan oleh PTU adalah:
mual, muntah, gatal, gangguan pada sel-sel darah, gangguan sendi, rambut rontok, demam. Belum pernah dilaporkan obat ini mengganggu fungsi ginjal.
Terdapatnya protein dalam urine memang pertanda ada gangguan ginjal lama, kemungkinan oleh sebab lain.
Jadi saran saya adalah PTU dilanjutkan sambil terus dimonitor kadar hormon thyroid. Sedangkan gangguan ginjal harus dicari penyebabnya.

dr. Naf'an Akhun

0 comments:

Post a Comment