2.4.11

Gusi bengkak sampai berhari-hari

Yang terhormat Dr.Elisabeth L.Sarri,

Saya mau tanya, saya mengalami pembengkakan pada Gusi pangkal gigi graham bawah, rasanya seperti ada gigi yang mau tumbuh seperti halnya gigi anak-anak. Tapi saya yakin tidak mungkin kalau mau tumbuh gigi baru sedangkan umur saya 25 th. Hal ini terjadi hampir 1 bulan, dan sangat sakit rasanya saat mengunyah makanan. Kira-kira kenapa ya Dok? dan apa obatnya? Terimakasih atas bantuannya.

- Ratno -

Salam

Jawaban :

Halo Ratno, gimana kondisi giginya masih sakit? pada teorinya gigi geraham kita berjumlah 3 pasang (3 kiri dan 3 kanan). Gigi geraham yang paling belakang muncul setelah usia 20 thn ke atas. Yang menjadi masalah
adalah ketika gigi tersebut keluar, sedangkan ruangan tempat gigi tersebut tidak cukup alias lengkung rahangnya tidak memungkinkan gigi baru keluar lagi karna lengkung rahang setiap orang berbeda-beda secara genetik. Biasanya hal ini menyebabkan gusi di sekeliling gigi meradang. Dan sakit ketika mengunyah. Obat yang alami?? segera pergi ke dokter gigi terdekat. Soalnya harus dilihat dulu kondisinya. Apakah gigi tesebut tumbuh dalam posisi normal (dlm arti tegak lurus seperti gigi sebelahnya)? sehingga bisa dipertahankan ataukah posisi tumbuhnya miring sehingga harus dilakukan pencabutan. Semua ini dapat diketahui dari rongten foto. Tetapi yang pasti langkah pertama, dokter gigi akan memberikan obat untuk menghilangkan rasa sakit ratno dulu. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat bagi anda.

Hormat Saya,

-Drg. Elisabeth L. Sarri-

0 comments:

Post a Comment