12.3.11

Vitiligo pada bayi

Pertanyaan :

Dengan Hormat, anak saya umur 2,5 bulan, ada bercak putih diperut dan leher-punggung. Dokter menyatakan anak saya terkena vitiligo. Kira-kira apa penyebab bayi saya sudah tampak ada vitiligonya? apa artinya bisa semakin meluas? rambut bayi saya juga pirang. Apa mungkin hal ini disebabkan karena sewaktu hamil ibunya kurang minum vitamin, asam folat? karena istri saya waktu hamil muntah sampai menjelang persalinan. Atas jawaban Bapak/ Ibu saya ucapkan terima kasih.

- Rizki -

Jawaban :

Vitiligo adalah bercak-bercak putih yang muncul pada kulit, tidak gatal dan biasanya terlihat lebih terang dan jelas dan cenderung bertambah besar atau meluas dipermukaan tubuh. Ini dapat dibedakan dengan penyakit panu yang disebabkan oleh jamur sehingga terasa gatal ataupun albino yang merupakan penyakit genetik dimana bercak putih tersebut langsung timbul menyeluruh sedangkan vitiligo munculnya secara bertahap dan bukan merupakan penyakit bawaan.

Vitiligo diakibatkan oleh adanya kerusakan sel pigmen pembentuk warna kulit yaitu melanin yang dihasilkan oleh sel melanosit. Oleh karena itu, pada beberapa kasus vitiligo juga dapat menyerang rambut akibat kerusakan sel pigmen tersebut.

Hingga kini, penyebab vitiligo belum dapat diketahui dengan pasti, tetapi diduga oleh karena adanya gangguan system kekebalan tubuh (reaksi autoimun) dari tubuh penderita itu sendiri, dimana sel sel pigmen tersebut dihancurkan sendiri oleh tubuh. Namun, krisis emosi dan trauma fisik diduga merupakan faktor pencetus timbulnya penyakit yang berhubungan dengan munculnya bercak putih di kulit ini. Bercak-bercak putih ini dapat muncul begitu saja tanpa didahului gejala klinis, seringkali sulit disembuhkan dan dikembalikan ke keadaan normal dengan cepat. Menghambat penyebarannya juga merupakan hal yang sulit karena faktor autoimun yang belum dapat dijelaskan sepenuhnya tersebut.

Demikian yang dapat saya jelaskan, semoga jawaban ini dapat memuaskan bapak, namun hal yang terbaik adalah terus kontrol dan komunikasikan penyakit anak bapak ini dengan dokter.

Wassallam,
- Dr.Diana Shanty -

0 comments:

Post a Comment