20.3.11

Tidak menstruasi selama 1 tahun lebih

Assalamualaikum....dok.
Saya mahasiswi...umur 19 tahun. tinggi 160 cm. dengan berat 48 kg.
Saya sudah tidak haid selama satu tahun lebih, belum menikah...sudah usg,...kata
dokter saya tidak ada masalah. Sudah minum obat 3 bulan lebih tapi belum keluar
juga...
Bagaimana ya dok...
Saya kahwatir sekali....

-Ria-�

Jawaban :

Wassalamualaikum wr wb Ria, Terima kasih pertanyaannya.

Amenore Sekunder adalah kondisi dimana seorang perempuan tidak haid selama 3 bulan berturut-turut setelah masa akil baligh. Penyebab tersering adalah kehamilan, kelainan hormonal, kelainan pada organ-organ reproduksi, kelainan pada kelenjar-kelenjar penghasil hormon, atau menopause. Terapi diberikan berdasarkan penyebabnya.

Untuk Ria, saya mengerti kekhawatiran Anda. Anda harus kuat dan sabar karena Tuhan tidak akan memberi cobaan pada orang yang tidak mampu mengatasinya. Rasa khawatir Anda bersumber dari ketidaktahuan, jadi sebaiknya dan selekasnya Anda menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan kejelasan. Dokter tersebut akan melakukan serangkaian pemeriksaan darah untuk mencek keadaan hormonal Anda atau tes lain bila perlu. Terapi yang sesuai akan mengikuti. Pengobatan mungkin akan memakan waktu cukup lama, Anda harus tetap optimis, terus berusaha dan berdoa.

Demikian jawaban dari saya, semoga anda dapat memahaminya.

Wassalam

-dr. Dona Arlinda-

0 comments:

Post a Comment