14.3.11

Dermatitis - Gatal-gatal di Sekitar Selangkangan

saya adalah pria 24 tahun dan akan segera menikah..saya menderita gatal-gatal di sekitar selangkangan... Untuk diketahui..gatal-gatal ini sudah berlangsung kurang lebih hampir lima tahun dan saya menduga hal ini muncul karena saya jarang mengganti celana dalam ketika saya sering mendaki gunung dahulu, dan saya hanya mengobatinya dengan salep untuk jamur kulit, sembuh sebentar namun kemudian timbul semakin banyak. namun belakngan semakin parah...mulanya timbul bintik merah namun yang anehnya bintik merah tersebut melingkar dan di tengahnya seperti kering......saya berusaha memakai obat apapun namun juga belum berhasil....sekarang penyakit ini sudah menjalar hingga ke ketiak saya..ketika memeriksa ke dokter, dokter mengatakan bahwa itu adalah dermatitis tidak dapat disembuhkan, namun dapat di cegah. dokter saat ini selangkangan saya berwarna kehitaman dan kulitnya bersisik sedangkan bintik-bintik merah tersebut sudah menjalar hingga ke dubur saya dan bahkan ke batang kelamin saya...saya takut ini nantinya akn menular ke istri asya apabila saya menikah...dan mungkin lebih parah lagi ke anak saya nantinya.....tolong dokter..beritahu saya apa obatnya, apakah dermatitis itu sam engan exim ?....dan seandainya dengan obat tradisional..dimana saya bisa memperolehnya....terima kasih dokter sebelumnya saya ucapkan.

Jawaban:


Mas Andi yang baik,

Saya ikut prihatin dengan penyakit yang Anda derita saat ini. Tapi Anda harus yakin dan percaya bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya. Dari keterangan riwayat penyakit yang Anda alami saat ini dan gambaran kelainan kulitnya serta riwayat pengobatan yang pernah Anda pakai, saya lebih yakin kalau Anda menderita penyakit jamur.

Penyakit jamur sendiri sangat berkaitan erat dengan higines pribadi, makin kurang perhatian terhadap kebersihan pribadi, kemungkinan kambuh dan penyebarannya bisa semakin luas.

Pengobatan untuk jamur sendiri harus betul, baik cara pemakaiaan obatnya juga lama pemakaiaan obatnya. Seringkali penderita penyakit jamur memakai obat selama gatalnya masih ada atau memakai obat seperlunya saja sehingga jamurnya tidak terkikis habis malah mungkin resisten (kebal) dengan obatnya.

Untuk diagnosa dermatitis yang pernah diberikan oleh dokter yang memeriksa Anda bisa saja benar karena beliau melihat langsung kelainan kulit yang Anda derita. Dermatitis oleh orang awan lebih dikenal dengan istilah eksim. Baik penyakit jamur atau eksim keduanya berkaitan dengan higines (kebersihan) pribadi/perorangan.

Masalah penularan penyakitnya, eksim tidak menular kecuali ada infeksi lain oleh kuman, virus atau jamur lain. Tapi bila jamur, jelas menular secara langsung melalui kontak antara kulit maupun secara tidak langsung misalnya melalui handuk, pakaian atau sabun mandi. Untuk lebih jelasnya Saya menganjurkan Anda untuk berkonsultasi langsung ke dokter ahli kulit kelamin dan mungkin sebaiknya diperiksa laboratorium agar kepastian diagnosa penyakit yang Anda derita lebih tepat dan penanganannya lebih akurat. Alangkah baiknya sebelum menikah Anda sembuh terlebih dahulu.

Semoga jawaban ini bermanfaat untuk anda, dan Saya berharap Anda dapat sembuh total dari penyakit kulit ini. Terimakasih.

(Dr. Iman Hilmansyah)

0 comments:

Post a Comment