20.4.09

Bagaimana Spesialisasi ke Luar Negeri?

Saya mencoba untuk menulis menyangkut judul di atas, setelah melihat perbincangan di shoutbox antara Guesta dan dr. Yen yang sedang mencari informasi spesialisasi di LN.

Saya sendiri tidak pernah mengambil spesialisasi di LN, jadi informasi yang akan saya sampaikan terbatas hanya berdasarkan kontak chatting atau email dengan dokter-dokter LN.

Pada prinsipnya, setiap kita ingin masuk ke negeri orang, kita harus mengikuti ujian kualifikasi yang diselenggarakan oleh MEDICAL EXAM BOARD masing-masing negara. Seperti USMLE untuk Amerika dan Kanada, NZREX untuk NewZealand, AMEC untuk Australia, PLAB di UK. Nah tahapan ini tidak mudah. Karena ada clinical test yang harus kita ambil di negeri yang bersangkutan yang mengharuskan kita untuk setidaknya memiliki cukup pengalaman klinis di wilayah tersebut.

Lebih sulitnya lagi, meski beberapa fakultas kedokteran Indonesia baik negeri maupun swasta diakui oleh WHO dan terakreditasi secara internasional, sistem pendidikan kita tidak masuk ke dalam 2 kualifikasi besar yaitu Amerika dan UK.

Tapi, bukan berarti, tidak ada jalan. Hanya jalannya menjadi lebih panjang. Apa boleh buat, bila dokter Indonesia ingin melanjutkan pendidikan atau bekerja sebagai dokter di LN, maka harus mengikuti tes dari dasar, termasuk test pra-klinik sebagaimana yang diambil oleh mahasiswa kedokteran di negara yang bersangkutan.

Nah, ada satu hal lagi. Bahkan bila kita pun telah lulus ujian tersebut, tidak menjamin kita bisa langsung spesialisasi atau kerja. Karena ini adalah sebuah tahapan yang terpisah.

Banyak sekali dokter-dokter dari Pakistan, India; misal; yang membanjiri bursa kerja Amerika dan Kanada yang telah lulus ujian kualifikasi, pada akhirnya menganggur. Hal yang sama juga terjadi di Australia dan NewZealand.

Namun begitu, ini bukan berarti harga mati. Jangan sampai menyurutkan semangat sejawat mencari peluang di negeri orang. Karena dokter di Indonesia yang menembus LN cukup banyak (sayangnya kita belum berhasil memancing salah satu di antaranya untuk sharing di sini).

Jadi bagaimana cara untuk bisa spesialisasi di LN?
Yang paling utama, sebelum melakukan apa-apa, sejawat harus berhasil mengkontak konsulen atau Professor di lokasi tujuan. Biasanya ini tidak sulit bila sejawat memiliki kemampuan membangun relasi dengan baik. Atau bisa juga meminta referensi dari guru-guru kita. Biasanya mereka yang memiliki akuntabilitias yang diakui secara internasional memiliki jejaring sosial yang kuat. Nah bila sejawat telah berhasil mendapatkan kursi (baik untuk sekolah lagi maupun untuk bekerja di salah satu RS di LN), selanjutnya sejawat juga bisa meminta sponsorship dari mereka. Cost of living, biasanya tidak akan jadi masalah, karena di US, Kanada, Australia, New Zealand, spesialisasi dibayar tidak membayar. Sponsorship mungkin diperlukan untuk membantu kita membayar biaya test. Karena meski sudah diapprove, kita tetap harus mengikuti ujian kualifikasi untuk bisa mulai sekolah atau kerja.

Dengan begini, kita tidak akan sia-sia mengikuti test.

Ada cara lain untuk mendapatkan kontak person?
Kesulitan yang sering dialami adalah sejawat bukan anak dokter, bukan saudara dokter, tidak punya kenalan konsulen di Indonesia. Walhasil harus berjibaku sendiri. Nah, gak harus berkecil hati, karena hal ini pun tidak mustahil. Tinggal tentukan dulu arah tujuan, lalu mulailah mencari.

Misal, mau sekolah di Australia, maka mulailah mencari lokasi dan RS tujuan. Lalu cari tahu siapa yang incharge untuk spesialisasi tertentu. Dapatkan emailnya, dan mulailah melakukan kontak secara rutin, dimulai dari memperkenalkan diri. Cara lebih jitu adalah dengan mencari tahu lebih jauh latar dokter/konsulen tersebut. Coba cari jurnal-jurnal yang dipublish oleh dia (atau bisa juga mencari kontak person dimulai dari melihat jurnal-jurnal terkait dulu), lalu kirimkan komentar seputar tulisannya.

Jangan putus asa bila belum mendapatkan reaksi. Karena ada banyak faktor:
1. email tidak valid
2. dokter tsb sangat sibuk sehingga jarang cek email.

Poin membangun relasi ini adalah poin yang sangat penting.

Nah, menutup thread ini, bagi yang ingin spesialisasi RADIOLOGI INTERVENSI di UK, saya sudah berhasil mendapatkan kontak personnya, silahkan saja bagi yang tertarik serius untuk langsung menghubungi beliau. Lihat di sini, alamat lengkapnya.

Note: bagi sejawat yang punya pengalaman dan pendapat lain, saya sangat menghargai masukan dan komentarnya.

0 comments:

Post a Comment